Total Tayangan Halaman

Senin, 09 Januari 2017

SEJARAH PERKEMBANGAN MATEMATIKA INDIA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Saya Nevy Rahmasari dari prodi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kelas B. Saya ingin berkomentar tentang jalannya presentasi dari kelompok 13 tentang "Sejarah Perkembangan Matematika India" yang beranggotakan Ma'ulah dan Ariska. Presentasi mereka bagus, mereka hafal dengan materi yang dipresentasikan tanpa melihat makalah dan menggunakan powerpoint. Kelebihan dari cara presentasi terletak pada Ma'ulah karena mempresentasikannya jelas dan lancar, sedangkan kekurangannya terletak pada Ariska mempresentasikannya kurang lancar.
Berikut inti dari materi yang mereka presentasikan dan yang saya pahami :
     Sejarah matematika India Kuno dimulai saat penduduk asli bangsa India yaitu Bangsa Dravida yang bermukim diwilayah Lembah Sungai Shindu dan penduduk eropa yang bermigrasi ke India mulai bermukim pada satu tempat yang sama. Ditemukan bukti terdapat jalan, perumahan yang telah menggunakan bata, kamar mandi dengan keramik dan sistem saluran air yang rapi. Dari situlah, dapat disimpulkan bahwa pada masa itu penduduk India telah memiliki ilmu tentang penulisan matematika dan pengukuran berat serta luas.
     Perkembangan Matematika di India terbagi menjadi dua periode yaitu Periode Sulvasutra dan Periode Siddanta. Pada periode Sulvasutra ditemukan salah satu ilmu baru dalam matematika yaitu aturan "phytagoras". Banyak pendapat yang menyatakan bahwa Sulvasutra mendapat pengaruh ini dari Mesopotamia. Sedangkan pada Periode Siddanta ditemukan ilmu-ilmu matematika yang baru yaitu deret aritmatika dan geometri yang terdapat di literatur Veda, tetapi tidak ada dokumen kontemporer dari India yang tersisa untuk mengkonfirmasi hal ini.
     Penomoran India berdasarkan basis 10. Ada 3 macam angka di India yaitu Angka Brahmi, Angka Gupta, dan Angka Nagari. Digit 1 hingga 9 dalam sistem angka Hindu-Arab berevolusi dari angka Brahmi. Angka Gupta dibangun dari angka Brahmi dan tersebar luas oleh kerajaan Gupta. Tokoh-tokoh yang mengembangkan matematika di India yaitu Aryabhata, Brahma Gupta, dan Madhava.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar