Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Januari 2017

PENYEBAB KEMUNDURAN MATEMATIKA DI AKHIR ZAMAN KEJAYAAN ISLAM

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Saya Nevy Rahmasari dari prodi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kelas B. Saya ingin berkomentar tentang jalannya presentasi dari kelompok 16 tentang "Penyebab Kemunduran Matematika di Akhir Zaman Kejayaan Islam" yang beranggotakan Rizal dan Hanifah M. Presentasi mereka bagus, mereka memahami dan hafal dengan materi yang dipresentasikan tanpa melihat makalah dan menggunakan powerpoint.
Berikut inti dari materi yang mereka presentasikan dan yang saya pahami :
     Penyebab Kemunduran Matematika di Akhir Zaman Kejayaan Islam disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal diantaranya adalah lemahnya komunikasi yaitu sistem komunikasi yang masih sangat lemah dan tidak maju saat itu menyebabkan informasi dari suatu daerah ke daerah lain berjalan dengan lambat dan rasa saling percaya satu sama lain oleh para penguasa pemerintahan sangat rendah. Tidak adanya aturan yang baku menyebabkan seringnya pergantian puter mahkota dikalangan istana dan terbelahnya suara istana menyebabkan adanya konflik internal, dan tidak adanya kerukunan antara tentara, istana, dan elit politik lain. Lemahnya Ekonomi yaitu beban pajak yang berlebihan dan pengaturan wilayah-wilayah demi keuntungan penguasa telah menghancurkan bidang pertanian dan industri, dan meningkatnya ketergantungan pada tentara bayaran. Konflik keagamaan yang muncul menjadi isu sentral sehingga terjadi perpecahan.
     Faktor Eksternal diantaranya adalah persaingan antar bangsa menjadi pemicu untuk saling berkuasa, perang salib yang berlangsung beberapa gelombang banyak menelan korban. Konsentrasi dan perhatian pemerintahan abbasiyah terpecah belah untuk menghadapi tentara salib sehingga menimbulkan kelemahan-kelemahan. Serangan Bangsa Mongol yang membumihanguskan Baghdad dan meratakan dengan tanah. Buku-buku yang terkumpul di Baitul Hikmah dibakar dan dibuang ke sungai Tigris sehingga perkembangan matematika pada era islam mengalami kemunduran. Tokoh matematika Islam setelah kemunduran kejayaan Islam adalah Al-Qalasadi. Al-Qalasadi adalah seorang ahli matematika muslim dari Andalusia yang mengkhususkan dirinya untuk mendalami hukum waris menurut Islam. Ia merupakan orang pertama yang menggunakan simbol-simbol yang kini digunakan dalam penulisan persamaan notasi pecahan dan ilmuwan pertama yang menggunakan simbolisasi saat membahas atau menulis sebuah persamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar