Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Januari 2017

PANDANGAN ALIRAN FORMALISME DALAM MATEMATIKA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Saya Nevy Rahmasari dari prodi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kelas B. Saya ingin berkomentar tentang jalannya presentasi dari kelompok 1 tentang "Pandangan Aliran Formalisme Dalam Matematika" yang beranggotakan Sahal, Putri Nur, dan Siti Rahmayani. Cara presentasi mereka kurang bagus dan kurang memuaskan. Karena mereka kelompok awal jadi mereka belum tahu bagaiman presentasi dengan benar. Mereka presentasi dengan melihat atau membaca makalah, mereka tidak hafal dan tidak paham dengan materi yang mereka presentasikan.
Berikut inti dari materi yang mereka presentasikan dan yang saya pahami :
     Aliran formalisme dalam matematika sekedar rekayasa simbol-simbol berdasarkan aturan tertentu untuk menghasilkan sebuah sistem pernyataan yang selalu benar, tetapi kosong dari makna. Menurut Ernest formalisme memiliki dua tesis yaitu matematika dapat dinyatakan dalam bentuk sistem formal yang kosong dari arti dan aturan-aturannya bebas dari inkonsistensi. Terdapat dua aspek dalam aliran formalisme yaitu aspek ontologi dan aspek epistemologi. Aspek ontologi obyek-obyek yang dikaji dalam matematika. Aspek epistemologi adalah keyakinan yang terbukti atau lebih tepatnya merupakan pengetahuan proposisional yang memuat pernyataan-pernyataan yang dapat dipercaya, dan tersedia landasan yang cukup untuk melakukan pembuktian.
     Kebenaran matematika adalah kebenaran menurut definisi atau persyaratan yang menentukan makna dari aturan-aturan inti. Persyaratan ini memberikan ciri khas bahwa pembuktian kebenaran matematika tidak memerlukan bukti empiris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar