Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Januari 2017

PANDANGAN KONSTRUKTIVISME TENTANG MATEMATIKA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

Saya Nevy Rahmasari dari prodi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kelas B. Saya ingin berkomentar tentang jalannya presentasi dari kelompok 2 tentang "Pandangan Konstruktivisme Tentang Matematika" yang beranggotakan Richa, Nadia, dan Yunin. Presentasi mereka kurang memuaskan. Dikarenakan mereka kelompok awal jadi belum tahu bagaimana presentasi dengan benar. Mereka presentasi dengan melihat atau membaca makalah mereka tanpa menjelaskan.
Berikut inti dari materi yang mereka presentasikan dan yang saya pahami :
     Saya paham bahwa pendidikan dan pembelajaran yang berasaskan Konstruktivisme akan memberi peluang kepada guru untuk memilih kaidah pengajaran dan pembelajaran yang sesuai dan peserta didik dapat menentukan sendiri tentang apa yang diperlukan untuk memperoleh suatu konsep atau pengetahuan. Disamping itu, guru dapat membuat penilaian sendiri tentang bidang pengetahuan yang dapat ditingkatkan lagi. Selain itu, beban guru sebagai pengajar akan berkurang dimana guru lebih bertindak sebagai perantara atau fasilitator.
     Pembelajaran secara Konstruktivisme berdasarkan beberapa pandangan baru tentang ilmu pengetahuan dan bagaimana cara memperoleh ilmu tersebut. Pembentukan pengetahuan baru, lahir dari gabungan pembelajaran terlebih dahulu. Pembelajaran ini menjadikan peserta didik lebih kreatif dalam mencari pengetahuan baru dan sesuai dengan konsep atau pengetahuan terdahulu. Sehingga peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan langsung dari apa yang diberikan guru, tetapi juga aktif dalam mengembangkan pikiran dan pendapat mereka.

1 komentar: